PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selama tujuh tahun terakhir memantapkan diri sebagai merek kendaraan paling laris kedua di tanah air. Tahun lalu Daihatsu meraih penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) 167.808 unit dan dari diler ke konsumen (ritel) 166.567 unit.
"Tidak mudah mempertahankan posisi itu dari 2009 hingga 2015 karen tantangan pasar selalu berubah-ubah," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.
Terbukti, pada saat pasar otomotif nasional mengalami penurunan hingga 16 persen pada 2015, Daihatsu masih bisa menorehkan prestasi memuaskan. Dari sisi komposisi penjualan, ritel dan wholesales tidak jauh berbeda. Sepanjang 2015, penjualan Gran Max menjadi penyumbang utama dengan 73.049 unit atau 43,9 persen. Terlaris kedua adalah Ayla yang terjual sebanyak 36.468 unit. "Yang ketiga disumbang Great New Xenia, yang terjual sebanyak 35.057 unit atau berkontribusi 21 persen," jelasnya.
SUMBER : KORAN JAWA POS RADAR SEMARANG HALAMAN 24
(TERBIT HARI JUMAT, 22 JANUARI 2016)